Thursday 1 November 2012

Tony Q Rastafara membentang sayap dengan reggae progresif

Tony Q Rastafara adalah antara muka lama dalam scene reggae di Indonesia iaitu aktif pada sekitar tahun 1989 lagi. telah menghasilkan sebanyak 9 buah album. Beliau meneruskan legasi dalam mencorak identiti reggaenya dengan bunyian-bunyian nusantara. Media-media Indonesia sendir ada yang mengelar Tony Q sebagai Presiden Reggae Indonesia. Pernah juga bekerjasama dengan salah seorang pemain bass yang pernah bekerjasama dengan Bob Marley, Peter Tosh, Black Uhuru iaitu Fully Fullwood didalam lagu Woman didalam album anak kampung.

membentang sayap adalah judul album terbaru Tony Q Rastafara yang diriliskan tahun ini. Apa yang menariknya tentang album terbaru ini adalah ianya diterbitkan dalam bentuk gelang usb yang berisikan 9 buah lagu dalam bentuk data, profil Tony Q, story album, lagu dan lirik serta 3 buah video clip dari album terbarunya dan daftar ring back tone. Menurut Tony Q dalam satu wawancara, mengenai konsep album beliau kali ini lebih ke arah progresif. reggae progresif yang menurut Tony Q, stail musik ini lebih menekankan pada gitar bass, drum dan keyboard, tiada lagi penekanan pada gitar rythmn seperti selalu yang terdapat pada musik reggae itu.

Reggae progresif juga disebut sebagai satu sub genre baru bagi reggae. Bila membicarakan tentang progresif dalam reggae sebenarnya susah untuk saya sebagai penulis sendiri untuk mendefinasikan di sini reggae progresif itu dan ciri-cirinya. mungkin bagi pandangan penulis apa yang disebut progresif itu sebenarnya adalah eksprementasi. menekankan bunyi pada bass yang komplek,bunyian keyboard yang harmoni, dan ketukan drum reggae dengan bunyian klasikal, blues, jazz mungkin juga bunyian nusantara atau sebagainya. Menurut Tony Q, 'bentuk-bentuk synchope dan bentuk progresi kordnya memang sangat progresif',. Penulis sebenarnya masih mencari-cari bunyian yang disebut oleh Tony Q sebagai reggae progresif.

Sebenarnya dalam mencari atau mengklasifikasikan sesuatu jenis musik genre ini bukanlah perkara mudah, lebih-lebih lagi ia dikatakan sebagai satu cabang musik yang baru. Penulis sendiri juga pernah menyaksikan dimana musik metal diadunkan dengan musik reggae,(macam mana tu)?.

Kepada Manteman Malaysia yang sudah lama menantikan kedatangan Tony Q Rastafara, dikhabaran Tony Q Rastafara akan tampil membentangkan sayapnya dengan reggae progresifnya di Kuala Lumpur.

No comments:

Post a Comment